GAJAH ITU SEPERTI APA?

Saya mau membagikan motivasi yang saya baca dan menurut saya ini sangat bagus untuk terus di ingat,
suatu waktu 6 orang buta tengah berbincang dan membayangkan seperti apakah seekor gajah itu. tak seorangpun dari mereka pernah melihat seperti apa gajah itu, namun dari cerita yang mereka dengar, hewan ini begitu UNIK dan ANEH. jadi, mereka memutuskan untuk mencari seekor gajah untuk membuktikan sendiri.

Tidak butuh waktu lama bagi mereka untuk menemukan seekor gajah dari pasar terdekat.
*Orang buta pertama mendekat dan menyentuh sisi perut gajah tersebut. lalu berkata "ternyata gajah itu seperti tembok".
*Sibuta kedua mendekat dan menyentuh gading gajah. lalu berkata "tidak, gajah itu bulat, halus dan tajam, mirip dengan sebuah tombak".
*merasa keheranan sibuta ke 3 pun mendekat dan menyentuh belalainya. dan berkata "saya tidak setuju, saya menyentuh sesuatu yang menggeliat dan lembek, gajah itu mirip sekali dengan ular" protesnya begitu.
*orang buta yang ke 4 merasa bingung dan ingin membuktikan sendiri lalu ia menyentuh kaki si gajah dan berkata "kalian semua bodoh jelas sekali gajah itu seperti pohon besar".
*semakin bingung dengan teman yang lain si buta ke 5 ingin membuktikannya sendiri lalu ia pun menyentuh kuping gajah lalu berkata "kalian semua pasti GILA!! gajah itu lebar seperti KIPAS".
*tidak mau ketinggalan sibuta ke 6 akhirnya ikut menyentuh gajah itu dibagian ekornya dan protest "jawaban kalian semua salah !! gajah itu seperti TALI".

Dan ke 6 orang buta tersebut terus saja berdebat dengan keyakinan mereka sendiri.
ini adalah contoh argument atau perdebatan yang tidak akan pernah ada abisnya.
masing masing dari mereka hanya PEDULI DENGAN PENDAPAT MEREKA.
tidak ada yang punya gambaran jelas,tidak seorang pun yang tau pasti,  tetapi tidak seorang pun yang mau MENGALAH dan MENDENGARKAN PENDAPAT YANG LAIN.
setiap orang merasakan hal yang berbeda : jika dilihat sebagian, masing masing benar, tapi secara keseluruhan semua SALAH.

menarik bukan?
pernah mengalami hal serupa dalam hidup?
menariknya cerita di atas adalah kejadian tersebut benar benar terjadi dalam hidup kita.
kita kadang hanya peduli dengan apa yang kita ketahui, dengan apa yang kita yakinin benar, tanpa mau mendengarkan pendapat sekitar. itu merupakan ciri ciri keretakan dalam sebuah hubungan baik team maupun hubungan antar manusia.
masing masing merasa benar sendiri.
komunikasi buruk yang membuat aura negative.
jangan mau disamakn dengan orang buta yang ngotot itu ya?
bangun komunikasi yang baik dengan saling mendengarkan dan mau menerima pendapat yang lain agar kita tau dan dapat menjawab seperti apa GAJAH itu :)


Komentar

Postingan populer dari blog ini

5 pesan sebuah PENSIL

Apakah Tuhan Menciptakan Kejahatan?

Kesantunan dan Kesederhanaan